Selasa, 05 April 2016

rpp tematik matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)  TEMATIK

Nama Sekolah             : SDN Telaga Murni 02
Tema                           : Pengalaman
Kelas/Semester            : 1 / 1
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi             :
1.      IPA                       : Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
2.      PKN                      : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
3.      Matematika           : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
Kompetensi Dasar                 :
1.      IPA                       : Mengenal cara menjaga  lingkungan agar tetap sehat 
2.      PKN                      : Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di  rumah   maupun di sekolah
3.      Matematika           : Mengenal waktu pada jam analog
  Membandingkan panjang, pendek suatu benda
Indikator                                :
1.      IPA                       : Mengetahui cara memelihara lingkungan
2.      PKN                      : Membiasakan hidup rukun di lingkungan rumah
3.      Matematika           : Membaca jam melalui jam analog
  Menentukan panjang atau pendek suatu benda
A.    Tujuan Pembelajaran      :
·         Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah.
·         Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
·         Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun.
·         Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
·         Siswa dapat membaca jam melalui jam analog .
·         Siswa dapat menunjukan dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
·         Siswa dapat menentukan panjang atau pendek suatu benda.
·         Siswa dapat menunjukkan contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·         Siswa dapat membandingkan benda yang panjang dan yang pendek

Karakter siswa yang diharapkan :    


Disiplin ( Discipline )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )




B.     Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
·         Hidup rukun dalam perbedaan.
·         Jam dan membandingkan panjang pendek benda

C.    Metode Pembelajaran      :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Realistik

D.    Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan

Deskripsi kegiatan

Alokasi waktu



pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Dilanjutkan dengan bertanya tentang pelajaran yang sudah dipelajari dihari sebelumnya (apersepsi)
4.      Menginformasikan materi yang akan diajarkan



10 menit



Inti (scientific)
1.      Eksplorasi
·         Menjelaskan tentang waktu pada jam analog.
·         Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu
·         Membaca jam yang ditunjukan dengan jam analog
·         Membaca jarum jam secara individual dan klasikal
·         Menggambar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat
·         Membaca jam dengan menggunakan jam analog dan jam digital
·         Menjelaskan tentang satuan panjang
·         Membandingkan ukuran panjang dan pendek benda.
·         Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
2.      Elaborasi
·         Melalui pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.
·         Menyebutkan macam-macam jam yang dikenal siswa.
·         Mengamati jam analog yang mempunyai jarum menit dan jam.
·         Mengamati angka yang tertera pada jam
·         Mengamati perputaran jarum jam.
·         Menunjukan jam sesuai dengan kegiatan
·         Mampu meletakan jarum pendek dan panjang dengan tepat.
·         Melalui dialog, siswa diminta menyebutkan beberapa satuan ukuran panjang.
·         Secara demonstrasi guru menunjukan benda yang panjang dan pendek
·         Menentukan benda yang panjang dan pendek
·         Siswa mampu membandingkan panjang pendek benda
·         Guru memberikan tugas kepada siswa tentang jam dan satuan pengukuran

3.      Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan






50 menit

1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari


2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar


Penutup
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

10 menit

·        Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·        Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok
kalau berdoa lebih disempurnakan


E.     Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku Sumber :
·         Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
·         Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
·         Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
2.      Alat Peraga  :
·         Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
·         Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
·         Gambar dan model jam analog dan jam digital serta benda yang memiliki satuan panjang.

F.     Penilaian
Indikator penilaian
1.      IPA :
·         Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·         Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
·         Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
2.      PKN : 
·         Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·         Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·         Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
3.      Matematika :
·         Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
·         Menggambar jam sesuai dengan kegiatan 
·         Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
·         Membandingkan panjang pendek suatu benda


Tes lisan Tes tertulis
    Uraian isian 
1.      IPA :
·         Jelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·         Lakukanlah perawatan kebersihan di sekolah.
·         Sebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
2.      PKN : 
·         Ceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·         Bandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·         Jelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
3.      Matematika :
·         Jelaskanlah membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
·         Gambarkanlah  jam sesuai dengan kegiatan 
·         Tentukanlah  letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
·         Jelaskan tentang satuan panjang
·         Bandingkanlah antara benda panjang dan pendek

Format Kriteria Penilaian      
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Ø  Lembar kerja siswa (LKS)
A.    marilah menjawab pertanyaan berikut ini
1.      jika jam menunjukkan pukul sembilan,  maka jarum panjang pada jam menunjuk angka ...
2.      gambarlah jarum pada muka jam berikut



pukul 5                                        pukul 7
pukul 10                                      pukul 12
3.       








pilihlah ketiga gambar di atas
a.        yang terpanjang
b.       yang terpendek
4.     



benda   yang paling panjang adalah ...
5.     
pensil lebih ... daripada penggaris


CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,
Kepala SDN Telaga Murni 02



( Lebar Wijaya S.Pd )
NIP / NIK : ...........................

Bekasi, 18 November 2015
          Guru Kelas



( Leni Agustini S.Pd )
NIP / NIK : ...........................



1 komentar: